Rabu, 19 Oktober 2011

Praktikum Mikrokontroler


Scanning display dan Keypad

Seven Segment
Meskipun sekarang sudah ada LCD yang dapat menampilkan display lebih bermacam-macam daripada seven segment, namun seven segment masih sering digunakan untuk beberapa aplikasi yang hanya membutuhkan tampilan yang sederhana dengan pertimbangan size/cost nya yang relatif rendah. Secara default, seven segment memiliki 8 buah pin untuk mengatur 7 buah segment dan sebuah titik, serta dua buah pin common yang terhubung satu sama lain.

Seven segmen sebenarnya terbentuk dari led biasa sehingga memiliki anoda dan katoda. Namun pada salah satu bagiannya dijadikan 1 menjadi common. Apabila yang dijadikan common adalah anoda, maka seven segmen tersebut akan menjadi active low (menyala apabila pin common diberi logika high, sedangkan pin a-h diberi logika low), sedangkan apabila yang dijadikan common adalah katoda, maka seven segmen tersebut akan menjadi active high (menyala apabila pin common diberi logika low, sedangkan pin a-h diberi logika high).

Cara kerja Scanning Display

Sebuah seven segment memerlukan minimal 8 buah pin (9 buah jika menggunakan titik) untuk dapat membentuk angka dengan sempurna. Apabila kita hanya ingin membentuk angka saja (bukan huruf), maka untuk memudahkan kita dapat menggunakan driver seven segment 7447 (untuk common katoda CC) atau 7448 (untuk common anoda CA).

Nah apabila kita ingin menggunakan banyak seven segment sekaligus, misalnya kita ingin membuat display mencapai angka ratusan atau ribuan, maka akan sangat memboroskan port apabila tiap-tiap seven segment dihubungkan dengan pin mikrokontroler masing-masing.

Oleh karena itu digunakan prinsip scanning yaitu dengan menghubungkan pin-pin yang bersesuaian pada tiap-tiap seven segment menjadi satu, kemudian menyalakan seven segment urut satu persatu secara bergantian. Dengan clock yang dipakai oleh mikrokontroler yang sangat cepat, proses pergantian itu akan tidak tampak oleh mata sehingga seolah-olah semua seven segment menyala secara bersamaan. Cara menyalakan seven segment secara bergantian adalah dengan mengubah-ubah logika pada pin common nya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa led hanya akan menyala apabila pada anoda diberi logika high dan pada katoda diberi logika low. Oleh karena itu apabila pin common pada seven segment common anoda kita beri logika low (atau pin common diberi logika high pada seven segment common katoda) maka seven segment tersebut akan mati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar