Rabu, 19 Oktober 2011

MODUL DT-51


DT-51 Trainer Kit adalah satu set modul yang dapat digunakan sebagai sarana penunjang dalam mempelajari pemrograman MCS-51. Dalam paket DT-51 Trainer kit telah terdapat panduan dasar MCS-51 yang memuat tentang arsitektur, spesifikasi, dan instruksi pemrograman MCS-51 terutama seri 89C51. DT-51 Trainer Kit terdiri dari DT-51 Trainer Board serta Panduan Dasar dan Panduan Praktikum Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51. Dengan Panduan Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51, Anda dapat mempelajari arsitektur 89C51 dan instruksi-instruksi yang digunakan, disertai dengan panduan ringan tentang disain minimum system dan langkah-langkah pemrograman termasuk membahas tentang program Assembler ASM51. Dengan Panduan Praktikum Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51, Anda dapat mempraktekkan beberapa pemrograman dasar meliputi penggunaan Input/Output, Interrupt, Timer/Counter, Serial Communication, serta penggunaan rutin LCD pada DT-51 MinSys dan teknik Scanning Keypad & Scanning Display dengan 7 Segment. Semua praktikum dan latihan dapat dikerjakan menggunakan DT-51 Trainer Board (kecuali praktikum LCD) yang kompatibel penuh dengan DT-51 Minimum System. DT-51 Trainer Board dilengkapi dengan:
8 LED Output
8 Toggle Switch Input
4 Tactile Switch Interrupt &am p; Counter
Pulse Generator: 1 Hz, 1 kHz, & 10 kHz
4 Tactile Switch untuk Scanning Keypad
2 Seven Segment untuk Scanning Display
Dimensi: 19,5 cm (P) x 12,4 cm (L) x 3,4 cm (T)
Perlengkapan DT-51 Trainer Kit:

Perlengkapan DT-51 Trainer Kit:
- 1 buah Board DT-51 Trainer Board
- 1 set Kabel Trainer
- 1 lbr Layout DT-51 Trainer Board
- 1 lbr Skema DT-51 Trainer Board
- 1 buah Panduan Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51
- 1 buah Panduan Praktikum Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51
- 1 buah CD dan semuanya itu dikemas dalam kotak yang menarik

DT-51 Tutorial Pack mulai Serial Number: 51.08.043 telah mendapatkan perbaikan pada kernel pada DT-51 MinSys ver 3.0 untuk mengakomodasi penggunaan konverter USB ke Serial yang kompatibel untuk Modem Serial UART.

Temperature Display w/ Graphic LCD

Tampilan karakter LCD memang terbatas pada karakter yang umumnya berukuran 5×7 pixel per karakter. Tentu saja tidak akan cukup untuk menampilkan grafik yang lebih indah. Untuk aplikasi yang menampilkan grafik atau karakter yang bervariasi, lebih sesuai jika menggunakan Graphic LCD. Pada AN ini, Graphic LCD digunakan untuk menampilkan temperatur. Jika LCD karakter umumnya berukuran kecil, Graphic LCD mampu menampilkan karakter berukuran besar. Selain itu, pada Graphic LCD juga dapat diberi diagram batang sebagai simulasi dari termometer dinding. Sensor suhu yang digunakan adalah LM35DZ yang cukup mudah digunakan.

Sensor tersebut dipasangkan dengan DT-51TM I2C ADDA sebelum dihubungkan dengan DT-51TM MinSysver 3.0.

DT-51 MinSys ver 3.0

Inilah Application Note/Tutorial yang paling dinanti-nanti Pemula DT-51 MinSys ver 3.0. H2U ini mencakup cara menghubungkan DT-51 MinSys ver 3.0 dengan sumber tegangan dan dengan komputer. Selain itu, H2U ini juga memuat penjelasan tentang program testing. Pengguna yang ingin menggunakan built-in routine dapat membaca contoh program yang disertakan. Di akhir artikel terdapat FAQ (Frequently Asked Question) seputar DT-51 MinSys ver 3.0 meliputi penambahan memori, penggunaan ASM51, pengalamatan, dan beberapa hal lain yang sering ditanyakan oleh Pengguna.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar